[Review] Her Blue Sky : Keluarga, Cinta dan Ketika Kembalinya Impian Masa Lalu

Her Blue Sky (Dalam Bahasa Jepang 空の青さを知る人よ, Sora no Aosa Shiru Hito Yo) merupakan anime rilisan Cloverworks bergenre drama yang ditulis oleh Okada dan Tatsuyuki Nakai yang sebelumnya pernah menggarap anime AnoHana. Film ini telah diputar di berbagai bioskop di Indonesia mulai dari 11 Maret lalu.

Kisah ini menceritakan Aoi Aioi dan Kakaknya Akane Aioi yang ditinggal kedua orang tuanya dan Akane harus membuang ambisinya demi menjaga Aoi. Tiga belas tahun berlalu, Aoi yang kemudian tumbuh dewasa ingin menjadi musisi dan pergi meninggalkan kampung halamannya bertemu dengan  Shinnosuke “Shinno” Kanomura yang merupakan mantan pacar Akane sekaligus yang mengajarinya bermusik. Namun yang ditemuinya itu adalah Shinno dalam sosok tiga belas tahun yang lalu. Tak lama di suatu hari, datang penyanyi dan band pengiring ke tempat Aoi. Dan didalam rombongan itu terdapat Shinnosuke asli yang telah berumur 31 tahun. Kisah Cinta dan kemunculan dua sosok Shinno menjadi main-plot yang menimbulkan rasa penasaran yang kemudian berubah menjadi haru di penghujung film ini.

Arti Cinta Yang Luas

Anime ini menggambarkan cinta seorang siswi SMA tidak hanya sekedar kisah percintaan muda-mudi biasa, tetapi ada hal yang lebih penting yaitu mencintai keluarga. Rasa cinta ini ditunjukkan dengan jelas oleh karakter utama yaitu Aoi. Meskipun begitu kisah percintaan yang biasa juga muncul dan juga menjadi plot menarik dalam film ini.

Ketika Masa Lalu Menagih Janjinya

Kemunculan dua sosok Shinno disaat yang bersamaan dengan umur dan tingkatan ingatan yang berbeda menimbulkan konflik terendiri. Bagi Shinnosuke dewasa kehadiran sosok dirinya dari masa lalu membawa ingatan tentang janji dan impian yang mulai ia lupakan. Di sisi lain sosok Shinno tiga belas tahun lalu juga mempertanyakan mengapa dirinya dikelak masa yang akan datang menjadi pria dewasa yang membosankan dan kolot, jauh dari bayangannya. Kedua sosok ini kemudian menjadi faktor menarik yang membuat kita mungkin berpikir tentang semangat masa muda dan realitas kehidupan orang dewasa.

Permainan Musik Bukan Menjadi Santapan Utama

Jika dilihat dari PV yang telah ada, mungkin sebagian kita berpikir bahwa musik akan menjadi plot utama dalam Her Blue Sky. Namun nyatanya penampilan musik atau band tidak terlalu ditonjolkan dalam film ini. Hanya ada beberapa detik permainan alat musik yang diperlihatkan dalam beberapa segmen. Meskipun begitu alunan instrumen bass yang dimainkan oleh Aoi cukup nyaman didengar begitu pula dangan dua lagu yang diciptakan oleh Aimyon sebagai original soundtrack dalam film ini bisa membuat para penonton terus teriang-ngiang akan lagu yang memiliki judul yang sama dengan judul film ini.

Kesimpulan

Mungkin apabila dibandingkan dengan karya Okada dan Nakai yang sebelumnya (AnoHana) mungkin dapat dilihat persamaan dimana Tokoh Utama yang kembali berurusan dengan “sosok” dari masa lalu. Namun Her Blue Sky lebih menonjolkan sisi kekeluargaan dalam film nya. Latar belakang musisi, kehadiran dua orang yang sama, cinta di masa lalu, dan keluarga menjadi elemen yang mungkin tidak pernah terduga akan berkembang menjadi cerita yang cukup menyentuh, namun Okada dan Nakai berhasil menghadirkan itu semua dalam film Her Blue Sky.

 

Tags:

  • Show Comments (0)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

comment *

  • name *

  • email *

  • website *

Ads