[EKSKLUSIF] Kenalan dengan Mang Darurat Cosplay yang Siap Membantu Reparasi Kostum Cosplay-mu!

Kalau kamu datang ke C3 AFA Jakarta 2018 kemarin, besar kemungkinan kamu pernah bertemu dengan dia. Sambil membawa papan yang menunjukkan siapa dirinya dan peralatan yang dibawa berkeliling di dalam event 3 hari kemarin, ia membantu para cosplayer yang memiliki masalah-masalah serta kerusakan kecil pada kostum yang mereka gunakan.

Ini dia, Darurat Cosplay! Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cerita di balik Darurat Cosplay, kami mewawancarai sosok di balik Darurat Cosplay secara eksklusif saat C3 AFA Jakarta 2018 berlangsung. Penasaran? Kamu bisa simak wawancara kami di bawah:

1. Cerita sedikit tentang siapa sih kak Darurat Cosplay ini dan dibalik nama darurat cosplay, serta ketertarikannya soal hal-hal berbau Jejepangan ini sudah berapa lama?

D: Darurat Cosplay adalah inisiatif untuk membantu rekan-rekan komunitas cosplayer dan hobi serupa lainnya. Katalisnya adalah Ngobrol CAIR (Cosplayer Airsofter Impersonator Reenactor, https://www.facebook.com/ngobrolcair) Juli lalu yang menyampaikan pentingnya kegiatan positif lintas komunitas supaya semua sama-sama bisa menikmati hobi ini dengan saling mendukung.

Nama “Darurat Cosplay” diambil karena saya bukan “tukang servis” profesional, ngga seperti pegiat cosplay lain yang sudah banyak melakukan hal ini dengan lebih profesional. Makanya saya fokus pada kedaruratan yang bersifat urgen.

Saya tertarik pada budaya populer Jepang seperti anime kira-kira semenjak bangku SMP, jadi sudah lumayan lama.

2. Apa sih yang dilakukan di event/perbaikan apa aja yang bisa dilakukan?

D: Saya mengikuti prinsip dan panduan dari organisasi perbaikan cosplay darurat internasional yaitu The International Cosplay Corps (https://www.facebook.com/InternationalCosplayCorps/), yaitu pelaksana menawarkan material yang dibutuhkan para cosplayer untuk memperbaiki kerusakan (malfunction) kostum mereka, dan apabila diperlukan ikut membantu mengatasi kerusakan tersebut.

3. Kapan mulai tertarik dan kapan akhirnya mulai terjun ke lapangan? Berapa lama research mengenai kebutuhan-kebutuhan di lapangan?

D: Sebenarnya rencana ini sudah ada lama juga, sekitar tahun 2016. Saya survey bersama teman yang lebih mengerti soal cosplay, ke cosplayers yang dia kenal. Namun saya meragu utamanya karena saya berasal dari komunitas Reenactment, bukan Cosplay. Apakah lintas fandom itu biasa? Ndlalah kegiatan Ngobrol CAIR berhasil mendorong saya untuk menghilangkan keraguan tersebut, sehingga saya mulai mencoba dari tahun ini.

Kak Darurat Cosplay sedang membantu cosplayer mereparasi peralatannya yang rusak

4. Apakah turun di C3 AFA Jakarta 2018 ini adalah yang pertama? Apabila ya, bagaimana perasaannya tiba-tiba langsung turun di acara konvensi anime terbesar di Indonesia?

D: Iya, C3 AFA JKT 18 adalah kali pertama saya melaksanakan inisiatif ini! Yang jelas saya nervous dan sedikit banyak jiper, karena takut tidak bisa melayani dengan baik.

5. Kenapa bisa tertarik ataupun kepikiran untuk menjadi cosplay repairman?

D: Saya sedang melihat artikel di Kotaku mengenai cosplay repairman, dan kagum dengan “positive vibe” yang mereka kontribusikan untuk komunitas. Ingin rasanya seperti itu juga. Namun seperti saya sebut sebelumnya, lintas fandom, apakah bisa? Ternyata karena sudah ada komunitas CAIR sebagai jembatannya, saya pede untuk melakukannya.

6. Peralatan serta persiapan apa saja yang disiapkan ketika terjun ke lapangan?

D: Karena ini adalah kali pertama dan saya tidak tahu situasi di lapangan sama sekali, saya membawa peralatan dan bahan yang umum saja, yang utamanya untuk menyambung atau menempelkan bahan. Ada kekecewaan pribadi ketika ternyata ada bahan yang saya tidak antisipasi untuk bawa atau tidak saya miliki, namun ternyata diperlukan cosplayer.

7. Apakah ini adalah yang pertama di indonesia? Inspirasinya siapa kalau dari luar ataukah di indonesia sudah ada sebelumnya?

D: Yang saya tahu, ini bukan yang pertama. Mas Ayarei, seorang cosplayer yang memiliki armor workshop, sudah pernah turun di ajang CLASH. Namun kalau ditanya inspirasi, persona seperti Captain Patch-It dari Australia (https://www.facebook.com/CaptainPatchIt/) serta Jacob dari Rocket Props (https://www.facebook.com/RocketProps/) jadi patokan saya untuk kualitas pelayanan mereka.

8. Ketika pertama kali turun ke lapangan, apakah ada miskonsepsi-miskonsepsi tertentu dari pengunjung lain yang hadir ketika melihat cosplay repairman seperti ini?

D: Ada salah satu attendant cosplayer yang saya bantu, mencoba memberikan saya uang. Saya tolak, karena jasa saya gratis! Namun apabila ada cosplayer yang menawarkan minum atau snack, saya bisa menerima, karena saya baru ngeh saya ternyata dehidrasi parah seusai acara, hehehe.

9. Harapannya apa ke depannya sebagai cosplay repairman ini, baik secara pribadi ataupun secara jumlah penggiat cosplayrepairman nya sendiri? Apakah nantinya terpikir untuk bisa diundang secara resmi di acara-acara cosplay besar?

D: Harapan saya adalah di dalam komunitas cosplayer ini sendiri akan muncul tim-tim perbaikan cosplay darurat secara organik, sehingga semua bisa saling bantu. Mungkin ke depannya dalam konteks CAIR, teman-temen cosplayer bisa bantu lintas fandom untuk membantu komunitas Reenactment. Tapi ini impian saya saja, hehehe…

Kalau soal diundang resmi, itu merupakan amanat yang besar, saya merasa terhormat apabila mendapat kepercayaan seperti itu. Tapi saya mah nervous (sambil tertawa).

10. Sejauh ini bagaimana tanggapan para cosplayer ketika menemukan kalau hal seperti ini itu ada?

D: 99% yang saya dapat adalah “positive vibes”, dan terus terang saya merasa bahwa inisiatif yang saya lakukan seperti terafirmasi bahwa mencoba membantu orang lain itu karmanya bagus. Tapi ini jadi PR untuk saya ke depannya bisa membantu lebih siap, lebih baik, dan lebih cepat, tiga hal yang belum maksimal saya lakukan!

Terima kasih kepada Kak Darurat Cosplay untuk jawabannya ya! Untuk kamu yang mau mengetahui mengenai Darurat Cosplay dan kegiatannya di event-event selanjutnya, kamu bisa mengikuti atau memberikan like di halamannya berikut ini:

https://twitter.com/daruratcosplay
https://www.instagram.com/darurat.cosplay/
https://www.facebook.com/darurat.cosplay/

Tags:

  • Show Comments (0)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

comment *

  • name *

  • email *

  • website *

Ads

You May Also Like

PRESALE TICKET DIBUKA! ICC BOCORKAN GUEST YANG BAKAL HADIR DI OKTOBER 2019

Jakarta, Senin 15 Juli 2019 , Reed Panorama Exhibitions menggandeng Shopee salah satu E-Commerce ...

Yuk Berkunjung ke Pameran Tohoku Through the Eyes of the Japanese Photographers

PAMERAN FOTO TOHOKU THROUGH THE EYES OF JAPANESE PHOTOGRAPHERS 22 – 30 Januari 2018 ...

Menghabiskan Akhir Pekan Menjelajah Pop Kultur Dunia di Indonesia Comic Con 2018

Indonesia Comic Con kembali hadir mengumpulkan semua unsur pop kultur dan fansnya di Indonesia. ...